Minggu, 13 Mei 2018

RPP TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUB TEMA PEMANFAATAN ENERGI


SDN PAMEDARAN 03



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
[ RPP ]

Satuan Pendidikan       :   SDN PAMEDARAN 03
Kelas/ Semester           :    IV/1
Tema                            :   Selalu Berhemat Energi
Sub tema                     :   Pemanfaatan Energi
Pembelajaran               :    1 (Satu)
Waktu                           :   6 x 35 menit (Senin, 04/05/2017)

A.    Kompetensi Inti
1.  Menerima /menjalankan dan menghargai agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku yang jujur, disiplin, tanggung jawab, santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual,dengan cara mengamati , mendengar, melihat, membaca dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda benda yang dijumpai di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, stematis dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar
1.      IPA
         3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melaui pengamatan dan
                 mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupannya sehari-hari.
4.6. Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
INDIKATOR
1.      Menjelaskan pemanfaatan energi alternatif (matahari)
2.      Menjelaskan manfaat sumber daya alam bagi masyarakat

2.      Bahasa Indonesia
3.1. Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku  
4.1.Mengamati mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak energy panas bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku..
INDIKATOR
1.      Menuliskan informasi tentang pemanfaatan energi alternatif (matahari)
2.      Menuliskan manfaat sumber daya alam

C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melihat demonstrasi dari guru peserta didik mampu mempraktikan aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan.
2.      Setelah membaca teks, peserta didik mampu membuat poster tentang hemat energi dengan mandiri
3.      Setelah kegiatan membaca teks, peserta didik mampu menggali informasi tentang pemanfaatan energi alternatif (matahari)
D.    Materi  Ajar
1.      IPA
Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan sehari-hari, karena matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia di bumi, termasuk saat kita melakukan aktifitas olahraga
2.      Bahasa Indonesia (teks bacaan terlampir)
E.     Alokasi Waktu :
 6 x 35 menit

F.     Pendekatan/ Strategi metode

1.      Pendekatan           : Scientific
2.      Strategi                  : cooperatif learning
3.      Teknik                   : example, non example
4.      Metode                  : demonstrasi, penjelasan, penugasan, pengamatan, diskusi,
                                      ceramah

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.       Mengajak semua peserta didik untuk berdoa menurut agama dan keyakinannya masing-masing
b.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran peserta didik
c.       Menyampaikan tujuan Perbaikan pembelajaran

10    Menit
Inti
a.       Guru dan peserta didik menuju ke lapangan olahraga
b.      Peserta didik melakukan gerakan sit up dan push up sesuai dengan persepsinya masing-masing
c.       Peserta didik tanya jawab tentang cara melakukan sit up dan push up dengan bimbingan guru
d.      Peserta didik mengamati gerakan guru yang benar dalam melakukan gerakan sit up dan push up
e.       Peserta didik melakukan gerakan  sit up dan push up secara berpasangan
f.       Guru dan peserta didik masuk ke dalam kelas
g.      Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan mengenai kegiatan yang baru dilakukannya (pemanfaatan energi dalam tubuhnya)
h.      Peserta didik mengamati gambar yang diperlihatkan guru
i.        Peserta didik diajak bernyanyi tentang “Matahari Terbenam”
j.        Peserta didik bertanya jawab tentang isi gambar
k.      Peserta didik membaca teks yang telah disediakan
l.        Peserta didik tanya jawab tentang isi bacaan
m.    Peserta didik mengamati contoh poster hemat energi matahari
190 Menit
Penilaian Proses
a.       Guru berkeliling kerjasama anak dalam mengerjakan tugas
b.      Menilai kerja samanya, tanggungjawabnya , kedisiplinan, keaktifanb
c.       Menilai dengan lembar pengamatan prilaku

Gambar untuk example dan non example
·         Gambar bagan manfaat matahari
·         Gambar poster hemat energi

n.      Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganilisis dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari
o.      Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan kompirmasi) memberikan kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatanya.
p.      Menugaskan siswa untuk bercerita berdasrkan gambar (mengomunikasikan)
q.      Guru mengamati cara peserta didik dalam bercerita (penilaian proses)
r.        Guru mengarahkan peserta didik dalam pembuat poster bertema hemat energi
s.        Peserta didik membuat poster hemat energi
t.        Guru dan peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan tentang hemat energi



Penutup
a.       Bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan (rangkuman selama sehari)
b.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil ketercapaian materi
c.       Melakukan penilaian hasil belajar
d.      Mengajak semua peserta didik untuk berdoa sebagai akhir kegiatan pembelajaran
10 menit


H.    Sumber media
1.      Gambar bagan matahari dan manfaatnya
2.      Gambar contoh poster hemat energi
3.      Buku teks pelajaran (tema 2 untuk kelas 4)
4.      Power Point
       J. Penilaian
 1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
a.       Penilaian Bahasa Indonesia
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Niali Akhir
Bahasa
Gambar
Kerapihan
4
(Bs)
3
(B)
2
(C)
1
(Pbl)
4
(Bs)
3
(B)
2
(C)
1
(Pbl)
2
(Bs)
1,5
(B)
1
(C)
0,5
(Pbl)
1
Adi Anugrah









6
6
2
Albar Anafi









5
5
3
Andika Fadly









5
5
4
Annisa Pitri









5
5
5
Cucun Cunayah









5
5
6
Danil Rustam









5
5
7
Defa Astuti









6
6
8
Depan









3,5
3,5
9
Epa









3,5
3,5
10
Helmalia Putri









3,5
3,5
11
Helvisa Amelia









6
6
12
Hilman









6
6
13
Kures









3,5
3,5
14
Meli Imelda









6
6
15
Muhamad Alpikih









3,5
3,5
16
Nanda Rehan









3,5
3,5
17
Parel









3,5
3,5
18
Parihah









3,5
3,5
Keterangan :
Bs    = Bagus sekalu                                    C = Cukup
B     = Bagus                                               Pbl = Perlu berlatih lagi

Deskripsi penilaian
1)      Bahasa
4 = peserta didik dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan
      yang tepat dan informatif, serta mandiri saat mengerjakannya
3 = peserta didik dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan
      yang tepat dan informatif, tetapi belum sepenuhnya mandiri saat
     mengerjakannya.
2 = peserta didik dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan
     yang tepat, tetapi belum informatife dan belum sepenuhnya
     mandiri saat mengerjakannya.
1 = peserta didik belum dapat membuat dan menggunakan bahasa
      ajakan yang tepat, dan belum informatife serta belum mandiri
      saat mengerjakannya.
2)      Gambar
4 = peserta didik dapat gambar membuat yang sesuai dengan
      kalimat yang dibuat, serta ukuran yang seimbang dengan bidang
      kertas.
3 = peserta didik dapat membuat yang sesuai dengan kalimat yang
      dibuat, tetapi ukuran gambar masih belum sesuai dengan bidang
      kertas.
2 = peserta didik belum, dapat membuat yang sesuai dengan
      kalimat yang dibuat, walaupun  ukuran gambar sesuai dengan
      bidang kertas.
1 = peserta didik belum dapat membuat gambar yang sesuai
      dengan kalimat yang dibuat, serta ukuran gambar belum sesuai
      dengan bidang kertas.

3)      Kerapihan
2   = peserta didik dapat menuliskan dan mewarnai gambar dengan
        rapi serta menarik dan dapat menjaga kebersihan kertas kerja
1,5= peserta didik dapat menuliskan dengan rapid an mewarnai
        gambar tidak melebihi garis gambar, tetapi dalam menjaga
        kebersihan kertas kerja belum maksimal (kotor dan coretan)
1  = peserta didik dapat menuliskan dengan rapi, tetapi dalam
        mewarnai belum rapi dan kebersihan kertas kerja belum terjaga
0,5= peserta didik belum dapat menuliskan dengan rapid an dalam
        mewarnainya pun masih melebihi garis gambar, serta
        kebersihan kertas kerja belum terjaga

Nilai Akhir : total nilai/10 x 10
Contoh : 4 + 3 + 1,5/10 x 10 = 8,5










b.      Penilaian sikap
No
Nama
Telitii
Bertanggung jawab
Rasa ingin tahu
Tekun
Terbuka
1
Adi Anugrah
BT
MT
MT
BT
BT
2
Albar Anafi
BT
BT
MT
BT
MT
3
Andika Fadly
BT
MT
MT
BT
MT
4
Annisa Pitri
BT
BT
MT
BT
MT
5
Cucun Cunayah
BT
MT
MT
BT
BT
6
Danil Rustam
BT
BT
MT
BT
MT
7
Defa Astuti
BT
MT
MT
BT
MT
8
Depan
BT
BT
MT
BT
MT
9
Epa
BT
MT
MT
BT
BT
10
Helmalia Putri
BT
BT
MT
BT
MT
11
Helvisa Amelia
BT
MT
MT
BT
MT
12
Hilman
MT
MT
MT
MT
MT
13
Kures
MB
MB
MT
BT
BT
14
Meli Imelda
MB
MT
MB
MT
BT
15
Muhamad Alpikih
BT
MT
MT
BT
BT
16
Nanda Rehan
BT
BT
MT
BT
MT
17
Parel
BT
MT
MT
BT
BT
18
Parihah
BT
BT
MT
BT
MT

Keterangan : tulis  BT, MT, MB, atau MY pada kolom penilaian sikap di atas
BT = Belum Terlihat
MT = Mulai Terlihat
MB = Mulai Berkembang
MY = Membudaya

                                                                                                Pamedaran, 04 Mei 2018
MAHASISWA                                                                      KEPALA SEKOLAH
                                                                       

 ABDUL ROUP                                                                  KARSID, S.Pd SD
NIM. 824810471                                                                 NIP. 196205121982011008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar