SDN PAMEDARAN 03
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
[ RPP ]
Satuan
Pendidikan : SDN PAMEDARAN
03
Kelas/
Semester : IV/1
Tema : Selalu Berhemat Energi
Sub
tema : Pemanfaatan Energi
Pembelajaran :
1 (Satu)
Waktu
: 6 x
35 menit (Senin, 04/05/2017)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima /menjalankan dan menghargai agama
yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku yang jujur, disiplin, tanggung jawab, santun peduli dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual,dengan cara mengamati , mendengar, melihat,
membaca dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda benda yang dijumpai di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, stematis dan logis
dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar
1.
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melaui pengamatan dan
mendeskripsikan pemanfaatannya dalam
kehidupannya sehari-hari.
4.6. Menyajikan
laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
INDIKATOR
1. Menjelaskan
pemanfaatan energi alternatif (matahari)
2. Menjelaskan manfaat sumber daya alam bagi masyarakat
2.
Bahasa
Indonesia
3.1. Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.Mengamati mengolah dan
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak energy panas bunyi
dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosa kata baku..
INDIKATOR
1. Menuliskan informasi tentang pemanfaatan energi alternatif
(matahari)
2. Menuliskan manfaat sumber daya alam
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah melihat demonstrasi dari guru peserta didik mampu
mempraktikan aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya
tahan dan kekuatan serta kelenturan.
2. Setelah
membaca teks, peserta didik mampu membuat
poster tentang hemat energi dengan mandiri
3. Setelah kegiatan membaca teks, peserta didik mampu
menggali informasi tentang pemanfaatan energi alternatif (matahari)
D.
Materi
Ajar
1.
IPA
Matahari
memiliki peran yang besar dalam kehidupan sehari-hari, karena matahari
merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap
aktivitas manusia di bumi, termasuk saat kita melakukan aktifitas olahraga
2. Bahasa Indonesia (teks bacaan terlampir)
E. Alokasi Waktu :
6 x 35 menit
F. Pendekatan/ Strategi metode
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Strategi : cooperatif learning
3.
Teknik : example, non example
4.
Metode : demonstrasi, penjelasan,
penugasan, pengamatan, diskusi,
ceramah
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Mengajak
semua peserta didik untuk berdoa menurut agama dan keyakinannya masing-masing
b.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran peserta didik
c.
Menyampaikan
tujuan Perbaikan pembelajaran
|
10
Menit
|
Inti
|
a.
Guru dan
peserta didik menuju ke lapangan olahraga
b.
Peserta
didik melakukan gerakan sit up dan push up sesuai dengan persepsinya
masing-masing
c.
Peserta
didik tanya jawab tentang cara melakukan sit
up dan push up dengan bimbingan
guru
d.
Peserta
didik mengamati gerakan guru yang benar dalam melakukan gerakan sit up dan push up
e.
Peserta
didik melakukan gerakan sit up dan push up secara berpasangan
f.
Guru dan
peserta didik masuk ke dalam kelas
g.
Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan mengenai kegiatan yang baru dilakukannya
(pemanfaatan energi dalam tubuhnya)
h.
Peserta
didik mengamati gambar yang diperlihatkan guru
i.
Peserta
didik diajak bernyanyi tentang “Matahari Terbenam”
j.
Peserta
didik bertanya jawab tentang isi gambar
k.
Peserta
didik membaca teks yang telah disediakan
l.
Peserta
didik tanya jawab tentang isi bacaan
m.
Peserta
didik mengamati contoh poster hemat energi matahari
|
190 Menit
|
Penilaian Proses
a.
Guru
berkeliling kerjasama anak dalam mengerjakan tugas
b.
Menilai
kerja samanya, tanggungjawabnya , kedisiplinan, keaktifanb
c.
Menilai
dengan lembar pengamatan prilaku
|
|
|
Gambar untuk example dan non example
·
Gambar bagan
manfaat matahari
·
Gambar
poster hemat energi
|
|
|
n.
Semua
kelompok mengamati, memikirkan dan menganilisis dikaitkan dengan tema yang
sedang dipelajari
o.
Guru
memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya
(mengkomunikasikan dan kompirmasi) memberikan kesempatan kelompok lain untuk
mendengarkan dan memberikan pendapatanya.
p.
Menugaskan
siswa untuk bercerita berdasrkan gambar (mengomunikasikan)
q.
Guru
mengamati cara peserta didik dalam bercerita (penilaian proses)
r.
Guru
mengarahkan peserta didik dalam pembuat poster bertema hemat energi
s.
Peserta didik membuat poster hemat energi
t.
Guru dan
peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan tentang hemat energi
|
|
|
|
||
Penutup
|
a.
Bersama-sama
peserta didik membuat kesimpulan (rangkuman selama sehari)
b.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi
c.
Melakukan
penilaian hasil belajar
d.
Mengajak
semua peserta didik untuk berdoa sebagai akhir kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
H.
Sumber media
1. Gambar bagan matahari dan manfaatnya
2. Gambar contoh poster hemat energi
3. Buku teks pelajaran (tema 2 untuk kelas 4)
4. Power Point
J. Penilaian
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
a.
Penilaian Bahasa
Indonesia
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Niali Akhir
|
|||||||||||
Bahasa
|
Gambar
|
Kerapihan
|
|||||||||||||
4
(Bs)
|
3
(B)
|
2
(C)
|
1
(Pbl)
|
4
(Bs)
|
3
(B)
|
2
(C)
|
1
(Pbl)
|
2
(Bs)
|
1,5
(B)
|
1
(C)
|
0,5
(Pbl)
|
||||
1
|
Adi
Anugrah
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
6
|
6
|
2
|
Albar
Anafi
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
5
|
5
|
3
|
Andika
Fadly
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
5
|
5
|
4
|
Annisa
Pitri
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
5
|
5
|
5
|
Cucun
Cunayah
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
5
|
5
|
6
|
Danil
Rustam
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
5
|
5
|
7
|
Defa
Astuti
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
6
|
6
|
8
|
Depan
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
3,5
|
3,5
|
9
|
Epa
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
3,5
|
3,5
|
10
|
Helmalia
Putri
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
3,5
|
3,5
|
11
|
Helvisa
Amelia
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
6
|
6
|
12
|
Hilman
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
6
|
6
|
13
|
Kures
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
3,5
|
3,5
|
14
|
Meli
Imelda
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
6
|
6
|
15
|
Muhamad
Alpikih
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
3,5
|
3,5
|
16
|
Nanda
Rehan
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
3,5
|
3,5
|
17
|
Parel
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
3,5
|
3,5
|
18
|
Parihah
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
3,5
|
3,5
|
Keterangan :
Bs = Bagus sekalu C = Cukup
B = Bagus Pbl
= Perlu berlatih lagi
Deskripsi
penilaian
1)
Bahasa
4
= peserta didik dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan
yang
tepat dan informatif, serta mandiri saat mengerjakannya
3 = peserta didik dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan
yang
tepat dan informatif, tetapi belum sepenuhnya mandiri
saat
mengerjakannya.
2 = peserta didik dapat membuat dan menggunakan bahasa ajakan
yang
tepat, tetapi belum informatife dan belum
sepenuhnya
mandiri saat mengerjakannya.
1 = peserta didik belum dapat membuat dan menggunakan bahasa
ajakan
yang tepat, dan belum informatife serta belum
mandiri
saat mengerjakannya.
2)
Gambar
4
= peserta didik dapat gambar membuat yang sesuai dengan
kalimat yang dibuat, serta ukuran yang
seimbang dengan bidang
kertas.
3 = peserta didik dapat membuat yang
sesuai dengan kalimat yang
dibuat, tetapi ukuran gambar masih belum
sesuai dengan bidang
kertas.
2 = peserta didik belum, dapat membuat yang sesuai
dengan
kalimat yang dibuat, walaupun ukuran gambar sesuai dengan
bidang kertas.
1 = peserta didik belum dapat membuat gambar yang
sesuai
dengan kalimat yang dibuat, serta ukuran
gambar belum sesuai
dengan bidang kertas.
3)
Kerapihan
2 = peserta didik dapat menuliskan dan mewarnai
gambar dengan
rapi
serta menarik dan dapat menjaga kebersihan kertas kerja
1,5= peserta
didik dapat menuliskan dengan rapid an mewarnai
gambar tidak melebihi garis gambar,
tetapi dalam menjaga
kebersihan kertas kerja belum maksimal
(kotor dan coretan)
1 = peserta didik dapat menuliskan dengan rapi,
tetapi dalam
mewarnai belum rapi dan kebersihan
kertas kerja belum terjaga
0,5= peserta
didik belum dapat menuliskan dengan rapid an dalam
mewarnainya pun masih melebihi garis
gambar, serta
kebersihan
kertas kerja belum terjaga
Nilai Akhir :
total nilai/10 x 10
Contoh : 4 + 3 +
1,5/10 x 10 = 8,5
b. Penilaian
sikap
No
|
Nama
|
Telitii
|
Bertanggung
jawab
|
Rasa
ingin tahu
|
Tekun
|
Terbuka
|
1
|
Adi
Anugrah
|
BT
|
MT
|
MT
|
BT
|
BT
|
2
|
Albar
Anafi
|
BT
|
BT
|
MT
|
BT
|
MT
|
3
|
Andika
Fadly
|
BT
|
MT
|
MT
|
BT
|
MT
|
4
|
Annisa
Pitri
|
BT
|
BT
|
MT
|
BT
|
MT
|
5
|
Cucun
Cunayah
|
BT
|
MT
|
MT
|
BT
|
BT
|
6
|
Danil
Rustam
|
BT
|
BT
|
MT
|
BT
|
MT
|
7
|
Defa
Astuti
|
BT
|
MT
|
MT
|
BT
|
MT
|
8
|
Depan
|
BT
|
BT
|
MT
|
BT
|
MT
|
9
|
Epa
|
BT
|
MT
|
MT
|
BT
|
BT
|
10
|
Helmalia
Putri
|
BT
|
BT
|
MT
|
BT
|
MT
|
11
|
Helvisa
Amelia
|
BT
|
MT
|
MT
|
BT
|
MT
|
12
|
Hilman
|
MT
|
MT
|
MT
|
MT
|
MT
|
13
|
Kures
|
MB
|
MB
|
MT
|
BT
|
BT
|
14
|
Meli
Imelda
|
MB
|
MT
|
MB
|
MT
|
BT
|
15
|
Muhamad
Alpikih
|
BT
|
MT
|
MT
|
BT
|
BT
|
16
|
Nanda
Rehan
|
BT
|
BT
|
MT
|
BT
|
MT
|
17
|
Parel
|
BT
|
MT
|
MT
|
BT
|
BT
|
18
|
Parihah
|
BT
|
BT
|
MT
|
BT
|
MT
|
Keterangan
: tulis BT, MT, MB, atau MY pada kolom
penilaian sikap di atas
BT
= Belum Terlihat
MT
= Mulai Terlihat
MB
= Mulai Berkembang
MY
= Membudaya
Pamedaran, 04 Mei 2018
MAHASISWA KEPALA SEKOLAH
NIM. 824810471 NIP.
196205121982011008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar