RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PAMEDARAN 03
Kelas : IV (EMPAT)
Tema : BERBAGAI PEKERJAAN
Sub
tema :
PEKERJAAN
ORANGTUAKU
Pembelajaran
ke : 2 (dua)
Semester : I (satu)
Alokasi
waktu : 6 x 35 menit (Senin, 04/05/2017)
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli dan percaya diri dalam dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingintahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan
kegiatanya dan benda – benda yang dijumpainya dirumah, disekolahan dan tempat
bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beranak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
Ø
BAHASA INDONESIA
3.3. Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis
–jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan
guru serta teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.3. Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang
jenis-jenis pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara dan
mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru.
Ø
MATEMATIKA
3.10.
Mentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.10. Mengembangkan dan membuat
berbagai pola numerik dan geometris
Ø
IPA
3.7.
Mendiskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi
dan masyarakat
4.6.
Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatanya oleh alam
Ø
IPS
3.1. Mengenal manusia,aspek keruangan,konektifitas antar
ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam
waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
4.1. Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian
ruang, konektivitas antar ruang,
perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu,sosial,ekonomi,dan pendidikan dalam
lingkup masyarakat disekitarnya.
C. INDIKATOR
Ø
BAHASA INDONESIA
Menyimpulkan hasil wawancara
dengan orang tuanya mengenai pekerjaan (jenis pekerjaan kegiatan dan teknlogi
yang digunakan
Ø
MATEMATIKA
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan luas bangun datar
Ø
IPA
Menjelaskan akibat ekploitasi ikan tidak ramah lingkungan.
Ø
IPS
Membandingkan pekerjaan nelayan tradisional
dan modern dalam bentuk diagram venn
Menjelaskan kegiatan ekonomi yang
terjadi pada jual beli ikan
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks siswa mampu mengolah informasi dalam
diagram venn dengan lengkap
2. Setelah membaca teks dan diskusi siswa dapat membandingkan
diagaram nelayan tradisional dan modern dalam bentuk diagram venn yang benar.
3. Setelah mengamati gambar dan diskusi siswa dapat
menjelaskan kegiatan ekonomi yang
terjadi pada jual beli dengan rncian dan benar
4. Setelah menganalisis soal,siswa mampu menyelesaikan masalah yang
terkait dengan luas bangun datar dengan benar.
5. Setelah membaca teks,siswa mampu menjelaskan akibat dari
eksploitasi ikan yang tidak ramah lingkungan dengan rinci.
6. Setelah membaca teks,siswa mampu memprediksi akibat dari
eksploitasi ikan yang tidak ramah lingkungan dengan rinci.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Jenis pekerjaan
2. Kegiatan ekonomi
3. Luas bangun datar
4. Ekploitasi ikan tidak ramah lingkungan
F. PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Scientifik
2. Metode :
Diskusi,
tanya jawab, penugasan
G. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Buku teks
2.
Perlengkapan
sekolah / alat tulis siswa
3.
Gambar –
gambar jenis pekerjaan
4.
LCD Projecktor
5.
Laptop/Tablet
6.
Power point
7. SUMBER BAHAN
1.
Buku Siswa
Kelas IV
2.
Teman sekelas
3.
Perlengkapan
belajar siswa
8. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
1.
Guru
mengajak siswa berdo’a sebelum kegiatan KBM dilaksanakan
2.
Guru
melakukan presensi tentang kehadiran siswa
3.
Guru
bertanya kepada siswa tentang jenis – jenis pekerjaan.
4.
Guru
bersama siswa menyayi “ Nelayan”
5.
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari.
|
5 menit
|
INTI
|
1.
Guru
membentuk sebuah kelompok untuk melakukan diskusi
2.
Guru
membagi menjadi tiga kelompok
·
Kelompok
pertama melakukan diskusi persamaan dan perbedaan nelayan modern dan nelayan tradisonal
·
Kelompok
kedua mendiskusikan jual beli (kegiatan ekonomi)
·
Kelompok
tiga mendiskusikan Penangkapan ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak
3.
Guru
memberikan arahan tentang diskusi yang akan dikerjakan siswa
4.
Guru
membimbing siswa dalam mengerjakan diskusi
5.
Guru
menyuruh siswa untuk tampil kedepan kelas menpresentasikan hasil diskusi
6.
Kelompok
yang lain ikut membahas hasil kerja kelompok yang maju
7.
Guru
memberikan motifasi dan tanggapan setiap kelompok setelah mempresentasikan
hasil diskusi.
8.
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
|
45 menit
|
PENUTUP
|
1.
Guru
melakukan refleksi terhadap materi yang telah disampaikan
2.
Guru
melakukan penilaian hasil belajar
3.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing – masing
|
5 menit
|
9. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan yang dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan akhir
b. Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1. Penilaian kinerja
b. Penilaian Hasil
Belajar
Jawaban Singkat
Mengetahui Brebes, Mei 2018
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas,
WINARYO, S.Pd. ABDUL ROUP
NIP. 1959122519821 1 007 NIM.
824810471
PENILAIAN
NON TES
A. Pinilaian kinerja
1. Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok
NO
|
Nama peserta didik
|
ASPEK
|
Jml
|
nilai
|
|||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat
|
Tanggung jawab
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
skor
1. Kurang
2. Cukup
3. Baik
4. Sangat baik
Skor maksimal 16
Nilai akhir = periksa
untuk produk diagaram venn (IPS)
Kriteria penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
belum
|
|
1. Menuliskan persamaan dari nelayan tradisional dan modern
|
|
|
2. Menuliskan perbedaan dari nelayan tradisional dan modern
dengan benar
|
|
|
1. Daftar periksa lembar kerja tentang kerusakan lingkungan
(IPA)
Kriteria penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
belum
|
|
1. Menjelaskan dampak dari pengambilan ikan dengan pukuat
harimau
|
|
|
2. Menjelaskan dampak dari pengambilan ikan dengan bom ikan
|
|
|
3. Memberikan ide cara penangkapan ikan yang tidak merusak
lingkungan
|
|
|
BAHAN AJAR
Amatilah
gambar berikut !
Kelompok 1
Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ia tinggal di
kampung nelayan. Ia pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan
jaring untuk pergi berlayar. Saat ayahku berlayar, ia harus menghadapi ombak
dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, ayahku tidak dapat pergi melaut
terlalu jauh. Tangkapan ikan ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua
bergantung pada cuaca. Sampan ayahku tidak bermesin, jadi ayah tidak perlu
membeli bahan bakar.
Aku mendengar sekarang ada juga nelayan yang lebih modern.
Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga
tidak mudah terkena guncangan ombak.
Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar yang bisa mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa
berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya
banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga
radar yang
bisa mendeteksi kumpulan ikan.
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
1. Apa yang digunakan oleh nelayan
tradisional untuk menangkap ikan?
2.
Apa
yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan?
3.
Tulislah persamaan dan perbedaaan dari nelayan modern dan
tradisional dalam
diagram venn berikut!
Diagram Venn
4. Menurutmu apa yang akan
terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakan
perahu besar dan
perlengkapan modern?
5. Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan
supaya kelestarian ekosistem
tetap
terjaga?
Kelompok
2
Amati
gamabar dibawah ini kemudian diskusikan dengan kelompokmu tentang :
1. Jenis barang yang dijual belikan.
2. Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan di bawah.
3. Hasil dari setiap pekerjaan.
4. proses makanan bisa samapai
dimeja makan
|
|
|
|
|
Selain dijual di pasar sebagian ikan
dijemur supaya awet. Sekarang coba kita
mengira - ngira banyak ikan yang bisa masuk dalam tempat penjemuran
berikut.
Rata-rata ikan hasil tangkapan nelayan
adalah ikan tongkol
dengan
panjang 30 cm dan lebar 15 cm.
Ikan
tersebut harus dibelah 2 dahulu sebelum dijemur.
1. Hitunglah taksiran
luas ikan yang siap dijemur!
2.
Ikan yang didapat oleh nelayan adalah 50 buah. Hitunglah taksiran luas
seluruh ikan!
3.
Ikan tersebut akan dijemur di tempat yang bentuknya persegi panjang
dengan panjang 3 m
dan lebar 2 m. Perkirakan apakah tempat penjemuran tersebut
cukup?
Penangkapan ikan dengan pukat harimau dengan bom ikan
Pukat harimau Bom
ikan
Pukat harimau adalah jaring sangat
besar sehingga semua makhluk hidup laut dapat terjaring.
Bom ikan adalah cara penangkapan ikan
dengan bahan peledak, cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan
habitat ikan.
Jawablah pertanyaan dibawah ini :
1.
Apakah
kamu setuju dengan pengambilan ikan dengan cara diatas? Jelaskan !
2.
Apakah
akibat buruk yang akan terjadi jika pengambilan ikan menggunakan cara diatas ?
3.
Berikan
idemu cara menangkat yang tidak merusak terumbu karang dan ramah lingkungan ?
Teks Lagu
“ Nelayan “
Takkan Ada Ikan Gurih Dimeja Makan
Tanpa Ada Jerih Payah Nelayan
Daging Ikan Sumber Gizi Bermutu Tinggi
Diperlukan Semua
Manusia
Reff
Tiap Malam Menggembara Dilautan
Ombak Badai Menghadang Dan
Menerjang
Pak Nelayan Tak Gentar Dalam Darmanya
Demi Kita Yang Membutuhkan Pangan.
Lembar Kerja Siswa
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan benar !
1.
Sebutkan peralatan yang digunakan
nelayan tradisional dan nelayan modern ?
2.
Sebutkan 3 jenis jual beli yang kamu
ketahui ?
3.
Sebutkan 3 jenis pekerjaan di bidang
jasa ?
4.
Hitunglah luas bangun dibawah ini
|
a.
35 cm
|
b. 25 cm
5.
Ceritakan dengan singkat pekerjaan
orang tuamu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar